NasDem Tanjung Pinang

Status Darurat Virus Corona dan Pentingnya Mencegah Dimulai Dari Diri Sendiri

Oleh : Bobby Jayanto

429

Membaca informasi di sejumlah media terpercaya tentang Badan Kesehatan Dunia ( WHO) yang mengumumkan status darurat dunia atas wabah virus corona yang sudah menyebabkan ratusan orang meninggal dunia di China, membuat saya prihatin.

Seperti diberitakan oleh kompas internasional, dalam konferensi pers Sekretaris Jenderal Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan,kasus infeksi di luar China jadi pertimbangan status itu diumumkan.
Hingga saat ini, angka penularan virus corona sudah mencapai 98 orang di 18 negara, dengan belum ada korban meninggal yang dilaporkan.

Sebagai tokoh masyarakat saya menghimbau masyarakat di Kepri dan Kota Tanjungpinang khususnya agar tidak menganggap enteng kondisi ini. Masyarakat di Provinsi Kepri yang letaknya berbatasan dengan negara luar sebaiknya tidak perlu melakukan perjalanan ke luar negeri jika tidak sangat penting.

Mari kita tingkatkan tingkatkan kewaspadaan dan kepedulian dalam menjaga kesehatan. Mengapa kita harus waspada ? karena corona dapat tersebar antarmanusia melalui batuk, bersin hingga makanan yang terkena air liur penderita virus.

Guna mengurangi risiko penularan virus Corona sebaiknya kita memulai dari diri sendiri dengan memperhatikan tiga hal berikut sesuai rekomendasi World Health Organization (WHO), meliputi kebersihan tangan, pernafasan hingga makan. Untuk kebersihan tangan sebaiknya rajin mencuci tangan dengan sabun merata hingga sela jari dan punggung tangan.

Mencuci tangan juga perlu dilakukan setelah batuk dan bersih, ketika merawat orang sakit, saat hendak dan selesai menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet serta usai memegang binatang.

Kemudian cara menghindari virus Corona berikutnya dengan menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersih menggunakan tisu atau masker. Segera buang segera tisu yang dipakai saat bersin serta langsung cuci tangan. Bersin tanpa menutup mulut bisa menyebarkan kuman ke udara.

Selanjutnya hindari berdekatan dengan orang-orang yang punya gejala flu serta jangan melakukan kontak fisik tanpa pelindung dengan orang yang sakit agar tidak tertular.

Begitu juga sebaiknya menghindari menyentuh bagian mata, hidung atau mulut tanpa pelindung karena dapat meningkatkan risiko penularan. Tidak hanya manusia sakit yang harus dihindari, sebaiknya juga menjauhi hewan ternak atau hewan liar yang sedang sakit.

Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Tuhan dan diberikan kesehatan. Aamiin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.