NasDem Tanjung Pinang

Pelatihan dan Pendidikan Partisipasi Politik Perempuan dan Milenial

Agar Perempuan dan Milenial Makin Semangat Berpolitik

277

Pentingnya peran kaum perempuan dan milenial di bidang politik disadari betul oleh DPD Partai NasDem Kota Tanjungpinang. Perempuan dan generasi milenial adalah sumber daya manusia yang berkontribusi besar dalam perkembangan dan kemajuan politik di Kota Tanjungpinang termasuk keberhasilan Partai NasDem meraih 5 kursi di legislastif.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Tanjungpinang, Bobby Jayanto, S,IP mengatakan suara kaum perempuan dan milenial sangat diperhitungkan dan punya peran penting dalam prestasi partai ini meraih 4 kursi di DPRD Kota Tanjungpinang dan 1 kursi di DPRD Provinsi Kepri.

“ Keberhasilan Partai NasDem tidak lepas dari suara ibu-ibu dan kaum milenial yang telah percaya dan memilih partai ini. Namun kami tetap merasa perlu agar kaum ibu dan generasi milenial ini lebih meningkat semangatnya dalam berpolitik,” tutur Bobby dalam acara Pelatihan dan Pendidikan Peningkatan Partisipasi Politik Perempuan, yang diadakan DPD Partai NasDem Kota Tanjungpinang, Sabtu, 28 November 2020, di sekretariat partai tersebut.

Bobby juga mengharapkan makin banyak perempuan yang melek politik dan aktif berpartisipasi bersuara serta menyumbangkan aspirasi mereka saat kegiatan reses dewan. Begitu juga dengan kaum milenial dan pemilih pemula yang selama ini merasa takut bergabung di partai politik.

“ Generasi milenial adalah generasi yang akan menjadi penerus kami di legislative nantinya di pemilu 4 tahun lagi. Kita perlu generasi muda untuk bisa menjadi wakil rakyat di dewan. Jadi mulai saat inilah waktunya mulai belajar dan berproses di dunia politik,” tandas Bobby.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Hendra Jaya, S.IP dalam arahannya. Menurutnya, 2 kali periode menjadi caleg ia gagal, dan periode ketiga di Pemilu 2019 ia mendapatkan dukungan dari istri, keluarga dan relawan perempuan, akhirnya ia bisa meraih kursi di legislative.

“ Saya mengucapkan terimakasih kepada ibu-ibu yang merupakan pendukung terbanyak saya. Saya berharap juga ibu-ibu nanti suatu saat ada yang ikut dan bisa menjadi calon legislative di Pemilu mendatang. Saat inilah waktunya untuk belajar, aktif bersosialisasi dan menjaring banyak teman atau kenalan,” tandasnya.

Sedangkan Suherman, Wakil Ketua Bidang Hukum DPD Partai NasDem Kota Tanjungpinang dalam materinya menyampaikan masalah dan tantangan perempuan serta milenial dalam berpolitik. Intinya dalam perempuan yang diamanatkan undang-undang mempunyai kuota suara 30 persen di legislative tidak bisa diabaikan begitu saja.

Potensi suara perempuan harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mereka sehingga keberadaan mereka di pencalegan tidak hanya menjadi pelengkap, tapi bisa menjadi penentu dan pemenang serta berhak duduk di legislative.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.