NasDem Tanjung Pinang

Surya Paloh: Negara Menjamin Keamanan Ulama

101

BATAM (25 Januari): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut bahwa negara wajib menjamin keamanan semua warga negaranya tidak terkecuali para ulama. Tanpa adanya RUU Perlindungan Pemuka Agama, para pemuka agama dalam hal ini ulama sudah dijamin keamanannya oleh negara.

“Tanpa RUU Perlindungan Ulama pun negara kan sudah melindungi semua warga negaranya,” ujarnya saat ditemui seusai memberikan pengarahan kepada caleg dan kader NasDem di Kota Batam, Jumat, (25/1).

Surya menilai, ulama merupakan tokoh panutan bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Untuk itu negara wajib menjaga keamanan para ulama.

“Ulama itu bukan milik satu kelompok tapi milik seluruh komponen masyarakat. Maka posisi, peran, keberadaan para ulama itu yang paling dimuliakan,” kata Surya.

Setiap kader NasDem, kata Surya, wajib memberi penghormatan kepada para ulama. Ulama merupakan sosok rohaniawan yang memiliki nilai-nilai kebajikan pembelajaran untuk mengajak orang kepada jalan yang benar.

“Jadi bukan pendekatan formal legalistik. Yang kita mau kan jiwanya, semangatnya, melihat apa arti kedudukan para ulama,” tegasnya.

Sebelumnya, ada yang memberikan janji politik berupa usulan RUU Perlindungan Ulama, Tokoh Agama, dan Simbol-simbol Agama.

Menurut Surya, secara historis dan kultural, posisi ulama dihormati di negeri ini. Namun, tidak memiliki kekebalan apapun di mata hukum. (Uta/*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.